Kuburan Massal Ditemukan di Kota Lyman yang Dibebaskan

Kuburan Massal Ditemukan Ukraina di Kota Lyman yang Dibebaskan
Kuburan Massal Ditemukan Ukraina di Kota Lyman yang Dibebaskan (Foto : Reuters)

Antv – Otoritas Ukraina menemukan satu kuburan masal di kota ​​​​​timur ​​Lyman yang baru saja dibebaskan dan belum diketahui jumlah jenazah yang dikubur di sana, ungkap gubernur setempat Pavlo Kyrylenko lewat unggahan daring, Jumat (7/10).

Seperti dikutip dari Reuters, secara terpisah, kantor berita Ukrinform yang mengutip pejabat polisi senior menyebutkan bahwa kuburan tersebut berisi 180 mayat.

Pasukan Ukraina berhasil merebut kembali Kota Lyman, di wilayah Donetsk, dari kendali Rusia pada Sabtu (8/10/2022).

Otoritas Ukraina kerap menuding pasukan Rusia telah melakukan aksi keji di wilayah pendudukan, sebuah tuduhan yang dibantah Moskow.

Pada September lalu, sebanyak 436 mayat digali dari lokasi kuburan di Izium setelah kota itu dibebaskan. Sebagian besar adalah mayat dari orang yang tewas akibat kekerasan, kata pejabat setempat.

Gubernur Donetsk Kyrylenko menulis di Telegram bahwa pejabat di Lyman telah menemukan "satu kuburan massal di mana, menurut informasi setempat, kemungkinan ada tentara dan warga sipil. Jumlahnya belum bisa dipastikan."

Kyrylenko mengatakan lokasi kuburan lainnya dengan 200 makam warga sipil juga telah ditemukan. Dia tidak menjelaskan bagaimana atau kapan mereka meninggal.