Banjir Membuat Akses Jalan di Aceh Tamiang Terputus

Banjir di Aceh Tamiang.
Banjir di Aceh Tamiang. (Foto : BNPB)

Antv –Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi terus menerus selama beberapa hari di wilayah Kabupaten Aceh, Provinsi Aceh menyebabkan Sungai Tamiang meluap dan memicu banjir pada Rabu, (5/10/2022).

Luapan air sungai mulai menggenang sejak pukul 09.00 WIB hingga ketinggian 80 sentimeter. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang telah berada di lokasi banjir untuk melakukan pendataan korban dan kerusakan.

Berdasarkan laporan petugas di lapangan, banjir menyebabkan terputusnya akses jalan dari Gampong Juar menuju Gampong Sekumur yang terletak di Kecamatan Sekerak.

Sementara jumlah korban dan kerugian masih dalam pendataan. Terdapat empat kecamatan yang terdampak banjir antara lain Kecamatan Bandar Pusaka tepatnya Gampong Pantai Cempaka dan Babo.

Kemudian Kecamatan Sekerak tepatnya Gampong Baleng Karang dan Juar, Kecamatan Kota Kualasimpang tepatnya Gampong Kualasimpang, dan terakhir Kecamatan Kejuruan Muda di Gampong Bukit Rata.

Laporan terkini, di wilayah bagian hulu Aceh Tamiang banjir sudah mulai surut, namun untuk wilayah tengah dan hilir Tinggi Muka Air (TMA) masih tinggi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melalui laman websitenya telah mengeluarkan peringatan dini untuk satu minggu kedepan, atau hingga 10 Oktober mendatang.