PAN Belum Putuskan Dukung Capres Termasuk Anies Baswedan

Wakil Ketua Umum DPP PAN Yadri Susanto.
Wakil Ketua Umum DPP PAN Yadri Susanto. (Foto : Viva)

Antv –Wakil Ketua Umum DPP PAN Yadri Susanto menjelaskan partai PAN belum menentukan mendukung salah satu kandidat calon presiden.

"Secara kelembagaan, secara kepartaian kami pastikan PAN belum keluarkan secara resmi siapa yang diusung sebagai capres," kata dia, saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Ia mengatakan, saat ini di internal PAN masih banyak nama yang beredar dan pihaknya belum mengerucutkan itu ke satu nama, termasuk juga terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang baru saja dideklarasikan oleh Partai Nasdem untuk diusung sebagai calon presiden beberapa waktu lalu, seperti diberitakan VIVA.co.id.

"Belum ada keputusan sampai sekarang kita dukung siapa, termasuk belum ada keputusan untuk dukung Anies atau tidak. Jadi, kalau ada informasi majelis penasihat atau kader PAN dukung, itu mungkin pendapat pribadi," tuturnya.

Ia menyebut dalam Rapat Kerja Nasional PAN pada Agustus lalu nama Anies Baswedan memang masuk sebagai calon tokoh yang bakal diusung sebagai capres. Namun, ujarnya, keputusan untuk mengusung tokoh mana sebagai capres menunggu mandat dari Ketua Umum Zulkifli Hasan.

Ia mengaku penetapan dukungan capres akan dilakukan pada akhir tahun ini.

“ Bisa akhir Desember atau lebih cepat juga bisa, atau di awal tahun juga bisa. Artinya, PAN sudah punya mekanisme yang ditetapkan di Rakernas bagaimana nanti finalisasi untuk pencapresan," katanya.