BNPB Tegaskan Kesiapan Hadapi Pontensi Bencana Jelang G20 di Bali

Rapat persiapan gelaran KTT G20 di Bali.
Rapat persiapan gelaran KTT G20 di Bali. (Foto : BNPB)

Antv –Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menghadiri rapat tingkat menteri membahas Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang digelar di Badung, Bali pada Selasa (4/10/2022).

Suharyanto hadir didampingi jajaran pejabat BNPB dan Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Saat memberikan paparan, Ia menyampaikan, untuk meningkatkan kapasitas penanganan bencana, BNPB beberapa waktu lalu melakukan Table Top Exercise (TTX) melibatkan seluruh unsur pentaheliks yang terlibat penyelenggaraan KTT G20.

"Terkait bencana alam kami sudah laksanakan TTX, intinya apabila betul-betul terjadi bencana, kita sudah siap mau berbuat apa dan mau bagaimana sudah dilatih," tutur Suharyanto.

Selain itu dirinya yang juga menjabat Ketua Satgas PMK mengatakan, jelang gelaran KTT G20 telah mempercepat kedatangan vaksin hewan di Bali.

"Kami menambah tim vaksinator dan vaksin hingga akhir Oktober dengan target 80 persen ternak tervaksin, yang sudah vaksin antibodinya meningkat 99,54 persen," lanjutnya.

Dirinya menambahkan, testing telah dilakukan pada herwan ternak di Bali dan yang terpapar sudah dipotong.

"Testing sudah dilaksanakan serta enam ekor yang positif dilakukan potong bersyarat," pungkasnya.