Mahfud MD: Presiden Akan Kunjungi Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan

Mahfud MD lapor Presiden Jokowi terkait kerusuhan di Kanjuruhan.
Mahfud MD lapor Presiden Jokowi terkait kerusuhan di Kanjuruhan. (Foto : Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Antv – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengunjungi korban tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, lusa mendatang. Mahfud mengatakan kunjungan Jokowi tersebut juga sekaligus untuk menyerahkan santunan kepada para keluarga korban. 

"Untuk santunan korban insya Allah dalam waktu dua hari ke depan Presiden akan mampir, akan menyerahkan sendiri bansos itu sebagai bentuk simpati dan empati serta perhatian pemerintah kepada korban pertandingan sepak bola di Kanjuruhan itu," kata Mahfud MD usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Oktober 2022.

Mahfud memaparkan, Presiden Jokowi akan menyerahkan langsung santunan sebesar Rp50 juta kepada keluarga korban. Adapun korban jiwa dalam peristiwa ini berjumlah 125 orang.

"Santunan akan diserahkan Presiden sendiri di Jawa Timur, mungkin di Malang, mungkin di Surabaya, sedang disiapkan teknisnya," ucap Mahfud.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang terjadi usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022.

Tuan rumah Arema FC harus menelan kekalahan 2-3 dalam laga tersebut. Kekalahan itu menyebabkan beberapa suporter turun dan masuk ke lapangan. Petugas keamanan dari Polri dan TNI kemudian menghalau para suporter yang masuk ke lapangan itu. Namun situasi menjadi rusuh hingga akhirnya banyak korban berjatuhan.