Korban Tewas Badai Ian Naik Jadi 85 Orang di AS

Dampak badai Ian di Ameriksa Serikat.
Dampak badai Ian di Ameriksa Serikat. (Foto : Reuters)

Antv –Penduduk di Florida dan Carolina saat ini sedang berbenah pasca badai Ian yang menejang kawasan tersebut. Dibutuhkan puluhan miliar dollar untuk membangun lagi kawasan yang tertimpa bencana.

Jumlah korban tewas diperkirakan akan terus meningkat saat banjir telah surut semua dan tim penyelamat gabungan bergerak menuju daerah terisolir.

Ratusan orang telah diselamatkan saat tim penyelamat menyambangi perumahan dan bangunan yang terendam banjir atau telah hanyut.

Menurut keterangan petugas setempat setidaknya 85 orang tewas terdampak badai Ian sejak turun di Pantai Teluk Florida pada Rabu (28/10/2022). Badai tersebut berkategori 4 dengan kecepatan angin 240 kilometer per jam.

Tercatat semua korban berasal dari Florida kecuali 4 orang. Kantor sherif di pesisir Lee County yang merupakan pusat terparah mencatat 42 orang tewas. Sedangkan di wilayah lain Florida tercatat 39 kematian.

Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden akan berkunjung langsung melihat kerusakan akibat badai Ian di Florida pada Rabu (5/10/2022). Mereka juga akan melakukan kunjungan ke Puerto Rico pada Senin dimana ratusan ribu orang masih hidup tanpa listrik pasca dua minggu badai menghantam wilayah tersebut.

Adapun pihak North Carolina mengatakan setidaknya 4 orang tewas di wilayah itu. Sedangkan di wilayah Carolina Selatan belum dilaporkan ada korban jiwa. Badai Ian tiba di wilayah tersebut pada hari Jumat (30/9/2022).