Komnas HAM Akan Dalami Regulasi PSSI dan Penggunaan Gas Air Mata

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam.
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam. (Foto : Istimewa)

Antv –Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyampaikan duka atas terjadinya tragedi Kanjuruhan Malang.

“Pertama – tama kami mengucapkan duka yang mendalam terhadap tragedi Kanjuruhan Malang ini. Bagi kami tidak hanya soal tragedi sepak bola tapi juga soal tragedi kemanusiaan,” ungkap Choirul Anam lewat unggahan keteranganya, Minggu (2/10/2022).

Komnas HAM juga sudah mendapatkan sejumlah fakta video dan suara dari para suporter aremania.

“Kami Komnas HAM sudah berkomunikasi cukup mendalam dengan beberapa teman - teman aremania. Kami mendapatkan beberapa keterangan fakta termasuk kami mendapatkan berbagai video, voice note juga kami mendapatkannya. Ini bekal bagi kami untuk turun ke lapangan besok (Senin, 2 Oktober 2022),” ucap Dia.

Ia memastikan tim Komnas HAM sudah ada di Malang besok Senin. “Insya Allah besok sudah sampai Malang,” katanya.

Pihaknya akan mendalami regulasi FIFA dan PSSI terkait pengamanan pertandingan termasuk tindakan melepaskan gas air mata yang diduga menjadi salah satu penyebab banyaknya jumlah korban tewas.

“Kami juga sedang mendalami terkait regulasi khsusunya regulasi FIFA dan PSSI untuk kami sandingkan fakta - fakta yang kami dapatkan dengan regulasi yang ada. Termasuk kami juga akan mendalamu terkait penggunaan gas air mata. Ini bekal yang kami akan gunakan mulai besok di Malang,” katanya.