Virus Ebola Menewaskan Seorang Dokter di Uganda

Pemberian vaksin Ebola di Uganda.
Pemberian vaksin Ebola di Uganda. (Foto : Reuters)

Antv –Menteri Kesehatan Uganda menjelaskan seorang dokter Tanzania yang bekerja di Uganda terjangkit Ebola telah meninggal. Dia merupakan petugas kesehatan pertama yang tewas oleh penyakit itu dalam wabah terbaru di Uganda.

"Dengan menyesal saya umumkan bahwa kami telah kehilangan dokter pertama kami, Dr. Mohammed Ali, seorang warga negara Tanzania, Pria berusia 37 tahun," kicau menteri kesehatan Jane Ruth Aceng di Twitter.

Dia mengatakan Ali dinyatakan positif Ebola pada 26 September dan meninggal saat menerima perawatan di sebuah rumah sakit di Fort Portal, sebuah kota sekitar 300 kilometer sebelah barat ibukota Kampala.

Kementerian kesehatan mengatakan pada hari Jumat, sebelum kematian Ali, penyakit itu sejauh ini telah menginfeksi 35 orang dan menewaskan tujuh orang.

Ali termasuk di antara enam petugas kesehatan yang meliputi dokter, ahli anestesi, dan satu mahasiswa kedokteran yang terjangkit penyakit tersebut.

Ebola terutama menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi. Penyakit virus memiliki gejala termasuk kelemahan intensif, nyeri otot, sakit kepala dan sakit tenggorokan, muntah, diare dan ruam diantaranya.