Kebakaran Belasan Ruko Terjadi Pasca Gempa di Tapanuli Utara

Petugas gabungan bersihkan sisa kebakaran ruko di Tapanuli Utara.
Petugas gabungan bersihkan sisa kebakaran ruko di Tapanuli Utara. (Foto : Viva)

Antv –Konsleting listrik menjadi pemicu kebakaran di Pasar Sarulla di Desa Pasar Sarulla. Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

kebakaran hebat pada Sabtu subuh, 1 Oktober 2022. Sebanyak 19 rumah toko (ruko) ludes terbakar dalam peristiwa itu, namun tidak ada korban jiwa maupun luka. Seperti diberitakan VIVA.co.id.

Kepala Seksi Humas Polres Tapanuli Utara Aiptu Walpon Baringbing menjelaskan, saat terjadi gempa bumi pada pukul 02.28 WIB dengan kekuatan Magnitudo 6,0, aliran listrik padam di lokasi kejadi kebakaran.

"Listrik kembali menyala, dan sesaat listrik menyala, kemudian saksi Rustin Boru Nainggolan mendengar korslet listrik dari bagian asbes rumah saksi dan terjadi korslet listrik. Selanjutnya, saksi melihat bagian asbes rumahnya mengeluarkan asap tebal," kata Walpon saat dikonfirmasi VIVA, Sabtu (1/9/2022).

Rustin meminta tolong kepada warga sekitar rumahnya. Kemudian, dilakukan pemadaman dengan peralatan manual dan seadanya. Namun si jago merah dengan cepat merambat ke bangunan ruko lainnya.

Melihat api sudah menjalar ke samping kanan dan kiri ruko, kemudian secara serentak masyarakat sekitar TKP datang dan menyirami secara manual, kata Walpon.

Tidak lama berselang, Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menurunkan sejumlah armada untuk melakukan pemadaman api.