Tim Ekspedisi Maritim TNI AL Jelajah Situs Bersejarah

Tim Ekspedisi Maritim TNI AL Jelajah Situs Bersejarah
Tim Ekspedisi Maritim TNI AL Jelajah Situs Bersejarah (Foto : antvklik-Zainal)

Antv – Sejarah kejayaan maritim melalui ‘Ekspedisi Maritim’ dengan mengeksplorasi 13 tempat bersejarah di pulau Jawa yang dibagi ke dalam beberapa etape.

Keberangkatan tim Ekspedisi Maritim dengan KRI Dewaruci untuk etape pertama dengan tujuan Cirebon terdiri dari Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, tim Dispenal, Disjarahal, dan media. 

Kemudian, etape kedua dilanjutkan via jalur darat menyusuri pantura dari jawa tengah hingga ke Jawa Timur.

Beberapa tempat sejarah yang telah dieksplor TNI AL bersama tim media Tempo, selain Cirebon yakni Tegal, Semarang, Juwana, Rembang dan Gresik, Surabaya, Pacitan, Jogja, Cilacap, Pangandaran, Banten, dan Jakarta.

Rombongan Ekspedisi tiba di Surabaya pada Sabtu (1/10/2022), kemudian melakukan ekspedisi darat di wilayah Jawa Timur demgan rute diantaranya Gresik, Surabaya, Pacitan.

Komandan Pangakalan Utama Tni Angkatan Laut V (Lantamal) Laksamana Pertama TNI Supardi, mengatakan tujuan kegiatan ialah menggali potensi maritim, sejarah maritim, dan tentunya sumber daya maritim di daerah-daerah yang nantinya akan dilintasi.

“Selama berada di Jawa timur tim Ekspedisi akan melintasi sejumlah lokasi bersejarah Di Masa Majapahit diantaranya , Gresik , Kediri , Pacitan ke depannya ekspedisi maritim akan dilaksanakan ke daerah-daerah di luar pulau Jawa yang ada potensi maritimnya seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, maupun Papua,” ungkap Supardi, saat pelepasan keberangkatan ‘Ekspedisi Maritim’ di Surabaya, Sabtu (1/10/2022).