STI: Bahtiar Calon Pj Gubernur DKI Teratas, Disusul Marullah dan Heru

Bahtiar Calon Pj Gubernur DKI Teratas, Disusul Marullah dan Heru Budi
Bahtiar Calon Pj Gubernur DKI Teratas, Disusul Marullah dan Heru Budi (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Dalam dialog aktual dengan tema "Penjabat Gubernur Jakarta dan Upaya Meredam Polarisasi Politik", Lembaga Trust Indonesia merilis survei key opinion leader terkait Calon Plt Gubernur DKI Jakarta, yang digelar secara virtual, Sabtu (1/10/2022).

Hasilnya, nama Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar paling unggul di antara calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI lainnya.

Ahmad Fadli, dari Trust Indonesia memaparkan bahwa tingkat kepuasan terhadap Bahtiar paling unggul dari dua calon lainnya. 

Dimana, survei dilakukan secara online dalam rentang waktu 3 hari yaitu pada tanggal 28-30 September 2022. Populasi survei adalah responden pakar (expert) yang dianggap memiliki pengetahuan mendalam mengenai 3 Calon Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta 2022. 

Jumlah responden survei sebanyak 112 responden, dengan tingkat keragaman responden pakar (expert) yang terdiri dari 8 profesi yaitu Birokrat, Akademisi, Pengusaha, Tokoh Masyarakat, Media (Pers), Aktivis Mahasiswa, LSM dan Pengamat Politik.

Dari survei itu, hasilnya Bahtiar berada ditingkat atas dengan tingkat kepuasan kinerja sebesar 76,2 persen. Kemudian disusul Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali 52,4 persen dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono 36,1 persen.

"Nama Pak Bahtiar unggul dari tingkat kinerja, mulai dari kapasitas dan integritas, pengalaman, anti korupsi dengan tingkat kepuasan 76,2 persen," kata Fadli.