19 Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Pusat Bimbingan Belajar

19 Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Kabul
19 Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Kabul (Foto : Reuters)

AntvSerangan bom bunuh diri kembali terjadi di ibu kota Afghanistan Kabul, yang terjadi Jumat (30/9/2022), waktu setempat dan menewaskan sedikitnya 19 orang.

Menurut juru bicara pihak kepolisian Kabul, Khalid Zadran, pelaku meluncurkan serangan bertepatan di saat para siswa sedang mempersiapkan diri untuk ujian masuk universitas.

“Para siswa sedang mempersiapkan ujian ketika seorang pembom bunuh diri menyerang pusat pendidikan ini. Sayangnya, 19 orang telah menjadi martir dan 27 lainnya terluka,” kata Zadran, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (30/9/2022).

Menurut laporan polisi, bom tepatnya terjadi di sebuah lembaga bimbingan belajar (bimbel) Kaaj. Lembaga pendidikan ini melatih para siswa, terutama pria dan wanita dewasa, untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk universitas.

Lembanga bimbingan belajar Kaaj terletak di lingkungan Dasht-e-Barchi, yakni daerah yang dihuni oleh mayoritas Muslim Syiah Hazara. Kelompok etnis minoritas itu sering dijadikan sasaran serangan berbahaya di Afghanistan.

Aparat kepolisian pun meminta seluruh warga sekitar untuk meninggalkan area kejadian, sementara mobil ambulans berdatangan membawa para korban ke rumah sakit terdekat.

Setidaknya di satu rumah sakit, Taliban memaksa keluarga korban untuk meninggalkan lokasi, karena khawatir akan ada serangan lanjutan terhadap kerumunan. Penyelidikan lebih lanjut pun sudah dikerahkan untuk menelusuri identitas pelaku dan motif serangan.