Eropa Kekurangan Listrik Bersiap Padamkan Jaringan Seluler

Antena seluler di Perancis.
Antena seluler di Perancis. (Foto : Reuters)

Antv-Sempat tidak terpikirkan ponsel akan mati di sebagian Eropa pada musim dingin jika terjadi pemadaman listrik atau penjatahan energi melumpuhkan sebagian jaringan seluler.

Keputusan Rusia untuk menghentikan pasokan gas melalui rute pasokan utama Eropa setleah konflik Ukraina telah meningkatkan kemungkinan kekurangan listrik.

Situasi negara Perancis diperparah dengan beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir yang berhenti untuk pemeliharaan.

Pejabat industri telekomunikasi mengatakan mereka khawatir musim dingin yang parah akan menjadi ujian infrastruktur telekomunikasi Eropa. Memaksa perusahaan dan pemerintah mencari solusi mengurangi dampak.

Pejabat eksekutif telekomunikasi menjelaskan saat ini Eropa tidak memiliki cukup cadangan energi di banyak negara untuk menanggulangi pemadaman listrik yang meluas. Sehingga yang dikorbankan memadamkan jaringan telepon seluler.

Negara-negara Uni Eropa, termasuk Perancis, Swedia, dan Jerman, berusaha memastikan komunikasi dapat berlanjut meskipun pemadaman listrik berakhir dengan menguras baterai cadangan yang dipasang di ribuan antena seluler yang tersebar di wilayah mereka.

Eropa memiliki hampir setengah juta menara telekomunikasi dan kebanyakan dari mereka memiliki cadangan baterai yang bertahan sekitar 30 menit untuk menjalankan antena seluler.