Kanada Akan Cabut Semua Persyaratan Covid Bagi Wisatawan

Seorang pria menggunakan masker di Bandara Toronto Kanada.
Seorang pria menggunakan masker di Bandara Toronto Kanada. (Foto : Reuters)

Antv –Pemerintah Kanada menjelaskan akan mencabut semua persyaratan dan pembatasan terkait Covid-19 bagi wisatawan mulai 1 Oktober 2022.

Persyaratan yang dicabut termasuk kewajiban vaksinasi dan penggunaan masker dalam penerbangan dan kereta api.

Langkah ini kemungkinan akan meningkatkan industri wisata perjalanan Kanada, yang akan berkembang pesat setelah berbulan-bulan jeda selama pandemi. Maskapai penerbangan Kanada juga mendesak diakhirinya pembatalan dan penutupan penerbangan akibat pandemi.

"Ketika warga Kanada dan pengunjung internasional ingin membuat rencana perjalanan, pencabutan semua persyaratan yang masih berlaku telah lama ditunggu-tunggu. Efektif 1 Oktober 2022 akan lebih mempercepat pemulihan bagi industri kami dan ekonomi Kanada," kata maskapai terbesar kedua Kanada WestJet Airlines dalam sebuah penyataan.

Keputusan untuk mengakhiri pembatasan didasarkan pada tingkat vaksinasi Kanada, ketersediaan vaksin dan perawatan baru serta data yang menunjukkan negara itu telah melewati puncak gelombang infeksi virus corona terbaru, ungkap pemerintah setempat.

Lebih dari 90% warga Kanada di atas 12 tahun telah menggunakan seri utama vaksin COVID. Bulan ini, Kanada mengizinkan suntikan COVID-19 bivalen Moderna Inc (MRNA.O) untuk orang dewasa, vaksin pertama yang diadaptasi dari Omicron di negara itu.

"Terima kasih sebagian besar kepada warga Kanada yang telah menyingsingkan lengan baju mereka untuk mendapatkan vaksinasi, kami telah mencapai titik di mana kami dapat dengan aman mencabut tindakan sanitasi di perbatasan," kata Menteri Kesehatan Jean-Yves Duclos.