Figur Ideal Pj Gubernur DKI, Prof Djo: Miliki Jam Terbang Tinggi dan Netral

Figur Ideal Pj Gubernur DKI, Prof Djo: Miliki Jam Terbang Tinggi dan Netral
Figur Ideal Pj Gubernur DKI, Prof Djo: Miliki Jam Terbang Tinggi dan Netral (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jakarta menggelar Forum Group Diskusi (FGD) dengan tema “Mencari Figur Ideal Pj Gubernur DKI Jakarta” Rabu (28/09/2022), di Gedung DPD Golkar Provinsi DKI Jakarta, jalan Pegangsaan Jakarta Pusat.

Beberapa pakar berpendapat bahwa Pj Gubernur DKI Jakarta idealnya ialah sosok yang netral, adil, dan tepat serta mampu mengharmonisasikan situasi sosial, budaya, dan politik di masyarakat yang sudah terpolarisasi.

Guru Besar Ilmu Pemerintahan IPDN, Johermansah Djohan, yang menjadi salah satu sumber dalam diskusi itu mengungkapkan berbagai kriteria figur ideal Pj Gubernur DKI Jakarta.

Menurut mantan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu, sayarat yang harus dimiliki untuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta adalah:

1. Memiliki jam terbang tinggi di birokrasi, baik di tingkat pusat maupun daerah yang bisa dibuktikan riwayat jabatan.

2. Memiliki integritas yang tidak diragukan, tidak memiliki kasus hukum, netral dan tidak pernah melakukan politisasi ASN, tidak berafiliasi dengan partai tertentu, serta bebas dari perbuatan tercela (termasuk molomo: tidak judi, tidak mabuk, tidak madat, tidak mencuri dan tidak berzina).

3. Memiliki kemampuan komplit, jago manajemen, menguasai perkara teknis sektoral, paham kondisi sosal kultural Jakarta dan mempunyai sense of political atau kepekaan politik.