Bakrie Group Dukung Semangat Anak Muda Berwirausaha

Grup Bakrie berkomitmen kembangkan usaha startup.
Grup Bakrie berkomitmen kembangkan usaha startup. (Foto : Istimewa)

Antv –Di Indonesia, terdapat sekitar 2.305 perusahaan rintisan (startup) dan delapan diantaranya telah berhasil menjadi unicorn. Angka ini menunjukkan bahwa geliat startup sangat tinggi. Namun, semangat itu biasanya terkendala oleh minimnya akses pendanaan dan kurangnya mentoring dalam menjalankan bisnis rintisan.

Hal inilah yang membuat Bakrie Group mendukung anak-anak muda yang bersemangat mengembangkan usaha startup mereka. Karena dari sinilah muncul banyak ide unik dan brilian dari anak-anak muda yang kemudian dapat membantu menjawab kebutuhan masyarakat.

“Pemikiran inilah yang mendorong Bakrie Group untuk menyelenggarakan kompetisi I-Start, sebagai komitmen kami dalam memberikan fasilitas bagi generasi muda Indonesia agar dapat berkontribusi menjawab kebutuhan masyarakat di berbagai sektor,” ujar Ketua Pelaksana 80 Tahun Bakrie Aninditha Anestya Bakrie yang akrab disapa Ditha itu, di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Ditha, yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bakrie Global Ventura (BGV) mengatakan, dalam usianya yang ke-80 ini Bakrie Group terus berinovasi dan menunjukkan ‘jiwa muda’ nya dengan menggandeng generasi penerus bangsa untuk membangun negeri.

Salah satunya adalah dengan membangun perusahaan rintisan (startup) bus listrik yang saat ini dijalankan oleh PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR).

PT VKTR Teknologi Mobilitas adalah perusahaan rintisan di bidang manufaktur elektrifikasi transportasi dan ekosistem telematika.

Perusahaan ini telah menandatangani kerja sama strategis dengan sejumlah pihak, di antaranya produsen kendaraan listrik terkemuka dunia BYD Auto, produsen baterai ramah lingkungan asal Inggris BritishVolt, perusahaan karoseri Tri Sakti, perusahaan teknologi heavy mobility dari Inggris Equipmake, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Sebelas Maret (UNS), PT Jasa Sarana, PT Transjakarta dan yang terbaru adalah 2 BUMN, yakni PT INKA dan PT Barana Indonesia.