Putra Mahkota Mohammed Bin Salman Ditunjuk Sebagai Perdana Menteri

Putra Mahkota Mohammed Bin Salman.
Putra Mahkota Mohammed Bin Salman. (Foto : Reuters)

Antv –Sebuah dekrit dikeluarjan olek kerajaan Arab Saudi yang menjelaskan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz menunjuk putranya dan pewaris Putra Mahkota Mohammed Bin Salman sebagai Perdana Menteri kerajaan.

Selain itu juga menunjuk putra keduanya Pengeran Khalid sebagai menteri pertahanan. Dekrit tersebut dikeluarkan pada Selasa (27/9/2022).

Kantor berita kerajaan Arab Saudi SPA juga menjelaskan pihak kerajaan menunjuk Pangeran Abdulaziz Bin Salman sebagai menteri energi.

Nama lainnya Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud, Menteri Keuangan Mohammed Al-Jadaan dan Menteri investasi Khalid Al – Falih, mereka tetap diposisinya tidak ada perubahan.

Putra Mahkota Mohammed Bin Salman dipromosikan menduduki jabatan baru setelah sebelumnya menjadi menteri pertahanan dan telah menjadi penguasa secara de facto Arab Saudi yang menjadi pengekspor minyak terbesar dunia.

Salah seorang pejabat menjelaskan, peran barunya sebagai perdana menteri sejalan dengan delegasi tugas raja kepadanya. Termasuk mewakili kerajaan dalam kunjungan ke luar negeri dan memimpin pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh kerajaan.

Menurut kantor berita kerajaan SPA, putra mahkota mengatakan kerajaan telah meningkatkan swasembada dalam industri militer menjadi 15 % dari 2% dan berencana mencapai 50 % di bawah menteri pertahanan yang baru diangkat.