Bantuan Untuk Korban Banjir Pakistan Dari Indonesia Tiba di Karachi

Bantuan kemanusiaan untuk Pakistan telah tiba.
Bantuan kemanusiaan untuk Pakistan telah tiba. (Foto : BNPB)

AntvBantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia tiba di Karachi, Pakistan, pada Selasa pagi (27/9/2022). Setibanya di Bandar Udara Jinnah, bantuan logistik segera diturunkan dan dilakukan serah terima secara simbolis kepada Pemerintah Pakistan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Suharyanto dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi menyampaikan bantuan kemanusiaan kepada Pemerintah Provinsi Sindh yang wilayahnya terdampak banjir besar sejak pertengahan Juni lalu.

Saat menyerahkan secara simbolis, Menko PMK menyampaikan ucapan belasungkawa dan simpati dari Presiden RI, Joko Widodo kepada rakyat dan Pemerintah Pakistan.

“Presiden Joko Widodo juga menyampaikan perhatian yang besar terhadap bencana yang menimpa masyarakat Paksitan. Bencana ini disebabkan oleh hujan lebat yang berdampak banjir besar dan tanah longsor,” ujar Muhadjir.

Menko PMK juga mengatakan, ia berharap bantuan dari Pemerintah dan masyarakat Indonesia dapat membantu meringankan beban penderitaan para korban bencana banjir.

Melalui semangant solidaritas, kemanusiaan dan kerja sama dua belah pihak, Pemerintah Indonesia membantu dan bantuan logistik untuk mendukung Pakistan dalam situasi sulit ini.

Penyerahan secara simbolis dihadiri otoritas Pakistan, yaitu Menteri Provinsi Sindh di Bidang Tenaga Kerja Saeed Ghani dan Kesejahteraan Sosial Sajid Jokhio.