Dapat Gelar Kehormatan Kesultanan Buton, Nama Jokowi Langsung Diganti

Nama Jokowi Langsung Diganti Usai Dapat Gelar Kehormatan
Nama Jokowi Langsung Diganti Usai Dapat Gelar Kehormatan (Foto : antvklik-Erdika Mukdir)

Antv – Mengawali kegiatan di hari kedua dalam kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tenggara, Presiden Joko Widodo mengunjungi Benteng Keraton Kesultanan Buton yang berada di Kota Baubau, Selasa (27/9/2022).

Terlebih dahulu Presiden melaksanakan salat Dhuha di Masjid Agung Kesultanan Buton yang kemudian memasuki Baruga Keraton Kesultanan Buton untuk mengikuti prosesi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton.

Sebelum prosesi dimulai, Presiden Jokowi dengan tenang mendengarkan penjelasan tentang penganugerahan gelar kehormatan adat Kesultanan Buton yang dibacakan oleh La Ode Muhamad Arsal.

La Ode Muhamad Arsal mengatakan bahwa pada hari ini, Selasa, 27 September 2022 Masehi bertepatan dengan tanggal 1 Rabiul Awal 1444 H, kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dianugerahkan Gelar Kehormatan Adat dan Budaya Kesultanan Buton, La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

“Dengan dianugerahkannya gelar tersebut, maka Bapak La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara dinobatkan secara resmi menjadi kerabat dan sesepuh dalam daerah eks-Kesultanan Buton,” katanya.

Untuk itu, perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton menitip pesan dan harapan kepada Presiden Jokowi untuk selalu menjaga marwah bekas Kesultanan Buton selama berdomisili di Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di mana pun berada.

Sementara itu, dalam sambutannya, Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa untuk gelar Kesultanan Buton yang diterimanya.