Kabar Duka, Ulama Sheikh Youssef al-Qaradawi Meninggal Dunia

Kabar Duka, Ulama Sheikh Youssef al-Qaradawi Meninggal Dunia
Kabar Duka, Ulama Sheikh Youssef al-Qaradawi Meninggal Dunia (Foto : Reuters)

Antv – Pernyataan itu disampaikan di akun Twitter resminya Senin (26/9/2022) yang juga dikutip banyak media international

"Yang Mulia Imam Youssef al-Qaradawi, yang memberikan hidupnya untuk menjelaskan ajaran Islam dan membela umatnya (komunitas Muslim), telah melewati belas kasihan Tuhan" kata sebuah pernyataan akun Twitter resminya, Senin (26/9/2022). 

Youssef al-Qaradawi Lahir di Mesir pada tahun 1926. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di Qatar, di mana ia menjadi salah satu ulama Muslim Sunni yang paling dikenal dan berpengaruh di dunia Arab berkat penampilan regulernya di jaringan Al Jazeera Qatar.

Qaradawi, yang belajar di Universitas Al-Azhar Kairo, sering digambarkan oleh para pendukungnya sebagai seorang moderat yang menawarkan penyeimbang ideologi radikal yang dianut oleh al-Qaeda. Dia mengutuk keras serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat, dan mendukung politik demokrasi.

Selama pemberontakan Musim Semi Arab, dia menyerukan agar pemimpin Libya Muammar Gaddafi dibunuh dan menyatakan jihad melawan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Kabar duka ini juga diunggah Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym di akun Instagram pribadinya @aagym, Senin (26/9/2022). 

Dalam unggahannya Aa Gym menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Youssef al-Qaradawi.