Ada 'Sambo' Diserbu Antusis Warga untuk Dapatkan Sembako

Ada 'Sambo' Diserbu Antusis Warga untuk Dapatkan Sembako
Ada 'Sambo' Diserbu Antusis Warga untuk Dapatkan Sembako (Foto : antvklik-Erfan Septyawan)

Antv – Kegiatan yang dinspiratif dan penggunaan nama yang unik ini digelar di Desa Getasan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Sabtu (24/9/2022).

Sedikitnya 100 warga di desa tersebut menyambut kegiatan itu dengan antusias. Mereka membawa sampah plastik untuk ditukarkan menjadi sembako, di Balai Desa Getasan.

Sampah seberat dua kilogram yang dibawa warga dari rumah kemudian ditukarkan menjadi sembako. Yakni, terdiri dari beras seberat lima kilogram.

"Sebelumnya saya nyari sampah plastik di tetangga, selama seminggu setelah ada pengumuman dari pihak desa. Terus saya tukar dengan beras lima kilogram,’’ kata seorang warga Getasan, bernama Devi.

Devi menilai, program itu sangat baik karena bisa mengurangi sampah plastik. Selain itu, bisa mendidik warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kegiatan ‘Sambo’ itu merupakan inisiasi dari IJTI Pengda Cirebon Raya yang bekerja sama dengan Polresta Cirebon.

"Dalam program itu, IJTI Cirebon Raya ingin menyampaikan mengenai bahaya sampah plastik bagi ekosistem lingkungan. Masyarakat diajarkan dapat memilah sampah plastik agar tidak buang sembarangan," kata Ketua IJTI Cirebon Raya, Faizal Nurathman, kepada tim antvklik.com Erfan Septyawan, Sabtu (24/9/2022).