Hong Kong Mencabut Karantina Hotel Terkait Covid Mulai Pekan Depan

Wisatawan mengantre ke bus menuju lokasi karantina di Hong Kong.
Wisatawan mengantre ke bus menuju lokasi karantina di Hong Kong. (Foto : Reuters)

Antv –Pencabutan kebijakan karantina di hotel terkait Covid akan dimulai pada tanggal 26 September 2022. Kebijakan karantina telah dijalankan lebih dari 2,5 tahun sejak pertama kali diterapkan.

Langkah ini tentu ditunggu – tunggu banyak pelaku bisnis dan masyarakat yang sering melakukan perjalanan. Seluruh penumpang kedatangan internasional akan dapat kembali langsung ke rumah atau ke akomodasi pilihan mereka. Meski demikian mereka diwajibkan memantau kondisi diri sendiri selama tiga hari.

“Kami bertujuan searah untuk memungkinkan orang datang dengan lebih nyaman dan mereka dizinkan untuk melakukan aktivitas mereka dengan lebih maksimal,” ungkap Chief Executive Hong Kong John Lee dalam sebuah konferensi pers, Jumat (23/9/2022).

Para pelaku perjalanan dari luar negeri akan diizinkan pergi bekerja atau sekolah tetapi tidak akan dizinkan memasuki bar atau restoran selama tiga hari.

Kewajiban tes PCR pra penerbangan yang dibutuhan bagi para pelaku perjalanan dengan tujuan ke Hong Kong 48 jam sebelum keberangkatan penerbangan akan diganti dengan tes Antigen.

Semua kedatangan internasional saat ini diwajibkan untuk menjalani karantina selama tiga hari di hotel berbayar yang diikuti tambahan empat hari pemantauan mandiri. Sebelumnya bahkan kewajiban karantina hotel dilakukan selama tiga minggu sebelum akhirnya bertahap mulai dilonggarkan sejak awal tahun ini.

Aturan ketat tersebut telah berdampak pada ekonomi Hong Kong sejak awal 2020 dan memicu eksodus ekspatriat dan sejumlah keluarga sejak diterapkan upaya pembatasan terkait Covid. T