Tebing Longsor, Jalur Salopa-Cikatomas Tak Bisa Dilintasi

Tebing Longsor, Jalur Salopa-Cikatomas Tak Bisa Dilintasi
Tebing Longsor, Jalur Salopa-Cikatomas Tak Bisa Dilintasi (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

Antv – Lokasi longsoran tepatnya berada di Kampung Leuwihieum, Desa Mandalahayu, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya.

Bencana tanah longsor ini terjadi pada hari ini, Kamis (22/09/2022). sekira pukul 10.00 WIB, usai lokasi tersebut diguyur hujan.

"Tanah longsor ini terjadi sekitar pukul sepuluh. Tebing tergerus akibat hujan yang lebat sejak kemarin," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Irwan, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (22/09/2022).

Menurut Irwan, dalam peristiwa ini tak sampai merenggut korban jiwa. Namun, akses jalan tak bisa dilintasi lantaran material longsoran menutup seluruh badan jalan sepanjang 40 meter dengan ketebalan longsoran satu meter.

"Tidak ada korban, tapi material longsoran menutup akses jalan. Tertutup material longsor sepanjang 40 meter. Tanah yang menutup jalan itu mencapai sekitar 1 meter," ucapnya.

Saat ini, kata Irwan, pihaknya sudah mendatangkan alat berat untuk melakukan evakuasi dan pembersihan material longsoran. Ia berharap, dalam beberapa jam ke depan, jalan tersebut bisa dilintasi kembali.

"Sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mendatangkan alat berat untuk membersihkan material. Pembersihan sedang dilakukan, mudah-mudahan hari ini jalan bisa segera dilintasi lagi," pungkas Irwan.