Rusia Bebaskan 10 Tawanan Perang Asing Berkat Arab Saudi

Tawanan perang tiba di Arab Saudi.
Tawanan perang tiba di Arab Saudi. (Foto : Reuters)

Antv –Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menjelaskan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman telah melakukan mediasi dengan Moskow terkait pembebasan 10 tawanan perang asing yang ditangkap di Ukraina. Pernyataan tersebut disampaikan pada Rabu (21/9/2022).

Kementerian juga menyebut para tahanan yang dibebaskan adalah warga negara Amerika Serikat, Inggris, Kroasia, Maroko, dan Swedia. Pesawat telah membawa para tahanan mendarat di Arab Saudi.

“Otoritas Saudi telah menerima dan memindahkan mereka dari Rusia ke kerajaan dan memfasilitasi prosedur untuk kembali ke negara masing – masing,” ungkap kementerian.

Menurut seorang pejabat Arab Saudi mereka adalaha lima warga Inggris, dua orang Amerika Serikat, Seorang Kroasia, Seorang warga Maroko, dan seorang berkebangsaan Swedia.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss memuji pembebasan warga negara Inggris di Twitter sebagai berita baik.

“Berita sangat baik, setelah berbulan – bulan ketidak pastian dan penderitaan bagi mereka dan keluarga mereka,” ungkap Lizz Truss.

Anggota parlemen Unggris Robert Jenric mengatakan Aiden Aslin termasuk di antara mereka yang dibebasan. Dia ditangkap awal tahun ini kemudian dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Republik Rakyat Donetsk (DPR) yang merupakan salah satu kelompok pro Rusia di Ukraina Timur.