Mabes Polri Segera Kirim Berkas Pemecatan Ferdy Sambo ke Setneg

Irjen Pol. Ferdy Sambo memakai baju tahanan.
Irjen Pol. Ferdy Sambo memakai baju tahanan. (Foto : Viva)
Polri akan segera mengirim berkas pemecatan Irjen Ferdy Sambo ke Sekretariat Negara. Sebelumnya berkas disiapkan SSDM Polri.

Antv –Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Polisi Dedi Prasetyo menjelaskan berkas administrasi pemecatan Irjen Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J masih disiapkan.

"Ya untuk administrasinya, administrasinya aja ya, administrasi untuk pengusulan," kata Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Rabu (21/9/2022).

Untuk proses persiapan berkas disiapkan oleh SSDM Polri. Mereka telah menerima berkas dari Komisi Kode Etik Profesi (KKEP) tingkat banding yang telah menolak permohonan banding Pemberhentian TIdak Dengan Hormat (PTDH) yang diajukan Ferdy Sambo.

Setelah selesai di SDM maka akan diteruskan ke Setneg.

“Abis dari SDM nanti ditujukan ke Setneg. Setneg langsung dapat Keppresnya dan kita serahkan ke pelanggarnya," kata Dedi.

Mengutip VIVA, aturan pemberhentian oleh presiden ini sebagaimana tertuang dalam Kepres RI Nomor 70 Tahun 2002 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pada Pasal 29 poin satu, berikut penjelasannya.

"(1) Pengangkatan dan pemberhentian pejabat pada jabatan dan kepangkatan PATI bintang dua ke atas atau yang termasuk dalam lingkup jabatan eselon IA dan IB ditetapkan dengan keputusan kapolri setelah dikonsultasikan dengan presiden. "