Gempa Kuat Landa Taiwan Akibatkan Bangunan Runtuh

Bangunan runtuh akibat gempa di Taiwan.
Bangunan runtuh akibat gempa di Taiwan. (Foto : Reuters)

Antv –Gempa berkekuatan M6,8 melanda bagian tenggara Taiwan yang berpopulasi sedikit pada hari Minggu (18/9/2022).

Menurut kantor biro cuaca Taiwan akibat gempa menggelincirkan gerbong kereta, menyebabkan sebuah toko serba ada ambruk dan mengisolir ratusan orang di pegunungan.

Menurut kantor biro cuaca pusat gempa berada di daerah Taitung. Gempa telah mengguncang sebelumnya pada Sabtu (17/9/2022) malam di daerah yang sama dengan kekuatan M6,4 yang tidak menimbulkan korban jiwa. Sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat telah mengukur gempa pada hari MInggu tersebut dengan kekuatan M7,2 dan pada kedalaman 10 kilometer.

Tim gabungan termasuk petugas pemadam kebakaran melakukan evakuasi kepada korban di sebuang toko serba ada yang ambruk di daerah Yuli. Sebanyak 4 warga berhasil diselamatkan dari bangunan runtuh itu. Petugas juga berhasil mengevakuasi 3 korban dari kendaraan yang jatuh di jembatan yang rusak dan membawanya ke rumah sakit.

Administrasi kereta api Taiwan menjelaskan enam gerbong keluar dari rel kereta di stasiun Dongli Taiwan Timur. Selain itu kanopi bangunan platform stasiun juga runtuh. Petugas mengaku tidak ada korban luka – luka.

Lebih dari 600 orang terisolir di daerah pegunungan Chike dan Liushishi dengan akses jalan yang putus. Dilaporkan tidak ada korban luka dan para penyelamat berusaha membuka kembali akses jalan ini.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik Amerika Serikat mengeluarkan peringatan dampak tsunami untuk Taiwan setelah gempa tetapi kemudian mencabut peringatan itu. Badan cuaca Jepang juga mencabut peringatan tsunami untuk daerah prefektur Okinawa.