Sedkitnya 8 Orang Tewas Saat Banjir Melanda Italia Tengah

Petugas gunakan perahu karet patroli evakuasi di Italia.
Petugas gunakan perahu karet patroli evakuasi di Italia. (Foto : Reuters)

Antv –Pihak berwenang setempat pada hari Jumat (16/9/2022) menjelaskan sedikitnya delapan orang tewas akibat hujan lebat semalaman dan banjir di wilayah Marche Italia tengah. Saat ini tim SAR gabungan masih mencari empat orang yang masih dinyatakan hilang.

Curah hujan lebat mengguyur dalam kurun waktu dua hingga tiga jam, membanjiri jalanan di beberapa kota di sekitar ibu kota wilayah Ancona di pantai Adriatik.

“Itu seperti bencana gempa bumi,” ungkap Walikota kota Serra Sant’Abbondio yakni Ludovico Caverni kepada radio pemerintah RAI.

Dari rekaman video yang dikeluarkan oleh petugas pemadam kebakaran setempat menunjukkan tim penyelamat dengan menggunakan perahu karet mengevakuasi warga di kota tepi laut Senigallia. Sedangkan petugas lainnya berusaha membersihkan jalananan dari dampak banjir.

Kepala perlindungan sipil di pemerintahan daerah Marche, Stefano Aguzzi mengaku hujan turun jauh lebih kuat dari perkiraan semula.

“Kami diberi peringatan hujan akan turun normal, tetapi kita tidak membayangkan hujan akan turun seperti ini,” ujar Stefano kepada wartawan.

Kepala perlidungan sipil nasional Fabrizio Curcio sedang menuju ke Ancona untuk mendata dampak kerusakan akibat banjir.