Korban Tewas 176 Tentara Akibat Bentrokan Azerbaijan dengan Armenia

Tentara Azerbaijan di perbatasan.
Tentara Azerbaijan di perbatasan. (Foto : Reuters)

Antv –Azerbaijan menjelaskan 71 tentaranya telah tewas minggu ini selama bentrokan bersenjata di perbatasan dengan Armenia. Pertempuran ini merupakan yang terburuk antara negara tetangga yang saling bersaing sejak perang tahun 2022 memperbutkan wilayah Nagorno – Karabakh yang disengketakan.

Sedangkan pihak Armenia mengaku 105 tentaranya tewas dalam bentrokan tersebut. Kedua belah pihak saling melempar tuduhan menyalahkan satu sama yang lain.

Konflik senjata tersebut dikhawatirkan menyeret Turki yang merupakan sekutu utama Azerbaijan sedangkan sekutu Armenia yakni Rusia juga dikhawatirkan ikut terseret dalam konflik yang lebih luas lagi.

Seorang pejabat Senior Armenia mengatakan kedua belah pihak telah berunding sepakat menjalankan gencatan senjata mulai hari Rabu (14/9/2022) pukul 20.00 waktu setempat.

Pada hari Kamis (15/9/2022) PBB menyambut baik gencatan senjata tersebut. Asisten Sekretaris Jenderal PBB Miroslav Jenca mengaku masyarakat internasional harus membawa permasalahan ini ke meja perundingan.

"Masyarakat internasional harus tetap berkomitmen penuh untuk penyelesaian damai antara Armenia dan Azerbaijan dan tidak berusaha untuk menambah ketegangan ini. Membawa para pihak kembali ke meja perundingan dan membantu mereka mencapai perdamaian dan mewujudkan kestabilan kawasan,” ucapnya.

Kementerian Pertahanan Armenia menyebut situasi di sepanjang perbatasan bersama saat ini dalam kondisi tenang pasca gencatan senjata. Tidak ada pelanggaran gencatan senjata yang dilaporkan.