Korban Tewas Gempa Sichuan China Sudah Mencapai 93 Orang

Tim Gabungan lakukan upaya penyelamatan korban gempa di China.
Tim Gabungan lakukan upaya penyelamatan korban gempa di China. (Foto : Reuters)

Antv –Para pejabat di Provinsi Sichuan China telah menurunkan tingkat tanggap darurat karena sebagian besar layanan transportasi, listrik, dan komunikasi sudah kembali beroperasi. Mereka menyebut data terakhir tercatat 93 orang tewas.

Gempa di Sichuan merupakan gempa terkuat dalam lima tahun terakhir. Menewaskan 55 orang di wilayah yang dikenal dengan Ganzi dan 38 orang di Kota Ya’an.

Upaya penyelamatan masih dilakukan untuk 25 warga yang dilaporkan hilang, termasuk di pusat gempa Luding yang dilaporkan 9 orang masih dinyatakan hilang.

Upacara duka dilaksanakan di sejumlah kota pada hari Senin (12/9/2022) untuk mengenang para korban gempa di Sichuan.

Cuaca hujan di Sichuan juga telah menghambat upaya penyelamatan para korban yang sudah berjalan selama sepekan ini. Upaya penyelamatan diperkirakan masih dilanjutkan sampai hari Rabu (14/9/2022).

Pemerintah setempat juga memperingatkan akibat gempa juga menyebabkan potensi bahaya tanah longsor di timur laut Zhejiang, Luding, Yunnan Selatan, Xinjiang barat laut dan sejumlah tempat lainnya.

Sebelumya gempa terjadi di Sichuan China M 6,8 pada Senin (5/9/2022). Gempa ini merupakan gempa terkuat yang melanda kawasan tersebut sejak 2017. Pusat gempa berada di Kota Luding di pegunungan sekitar 226 kilometer barat daya Chengdu.