Dubes Heri Akhmadi Buka Forum Bisnis dan Aichi World Festival 2022

Dubes Heri Akhmadi Buka Forum Bisnis dan Aichi World Festival 2022
Dubes Heri Akhmadi Buka Forum Bisnis dan Aichi World Festival 2022 (Foto : KBRI-Tokyo)

Antv – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi membuka Forum Bisnis Promosi Terpadu Perdagangan, Investasi, dan Pariwisata pada 9 September 2022 di Nagoya. 

Kegiatan yang merupakan bagian dari Aichi World Festival 2022 ini dilaksanakan untuk mempromosikan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 19-23 Oktober 2022.

Di hadapan 40 pengusaha di Nagoya, Dubes Heri Akhmadi menjelaskan kegiatan ini merupakan kesempatan yang dapat dimanfaatkan bersama dalam peningkatan peluang kerja sama perdagangan, investasi dan tenaga kerja.

“Jumlah penduduk Indonesia adalah 270 juta jiwa yang merupakan dua kali lebih banyak dari penduduk Jepang. Tingkat pendapatan penduduknya juga terus meningkat sehingga dipastikan tahun depan Indonesia sudah dengan pendapatan menengah atas. Potensi investasi di Indonesia sangat besar. Kita undang perusahaan-perusahaan dari Jepang untuk bisa hadir ke Trade Expo Indonesia 2022,” ujar Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Tokyo Ali Sucipto dan Ketua Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka Dicky Farabi.

“Dari data Imigrasi Jepang, jumlah pekerja Indonesia dibanding Vietnam jauh lebih kecil yaitu hanya sekitar 36 ribu orang. Sementara jumlah pekerja dari Vietnam ada lebih dari 350 ribu di Jepang. Ini saya kira ini bisa ditingkatkan melalui kerja sama antara asosiasi di Indonesia dengan Jepang terkait dengan masalah sertifikasi. Saya berharap ke depannya akan semakin banyak warga Indonesia yang dapat bekerja di Jepang. Peluang yang ada tidak hanya terbatas di sektor industri otomotif dan perawat tetapi juga pada sektor lainnya seperti konstruksi dan industri jasa pariwisata,” tambah dubes Heri.

TEI pada 2022 akan digelar secara luring setelah sebelumnya dalam 2 tahun terakhir dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19. 

Aichi World Festival 2022