Kasal Perintahkan Latihan Passex Saat Bertemu Kapal AL Negara Sahabat

KRI TNI AL berlayar (ilustrasi).
KRI TNI AL berlayar (ilustrasi). (Foto : TNI AL)

Antv –Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menekankan jajarannya khususnya yang bertugas di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) saat melaksanakan patroli dan berpapasan dengan kapal asing yang sedang melintas damai di wilayah teritorial Indonesia untuk mengajak kapal-kapal tersebut melaksanakan latihan salah satunya Passing Exercise (Passex).

Passing Exercise merupakan Latihan yang dilaksanakan saat Kapal Angkatan Laut negara sahabat masuk dan atau keluar perairan yurisdiksi Nasional. Ini dilakukan secara universal yaitu dilaksanakan oleh kapal Angkatan Laut negara sahabat menyambut kehadiran KRI saat memasuki perairan negara tersebut.

Kebijakan ini juga telah disampaikan Kasal diberbagai kesempatan saat bertemu dengan sejumlah pejabat Angkatan Laut dunia. Menurutnya, sejumlah negara telah menyatakan setuju terhadap hal itu.

"Mulai dari KSAL Cina, Vietnam, Singapore dan Malaysia bahkan kemarin KSAL Amerika dan Australia sudah sepakat mari kita ketemu, latihan. Karena itu wujud diplomasi dan untuk tingkatkan profesionalisme prajurit di kapal perang kita maupun kapal perang mereka," katanya dalam sebuah keterangan Minggu (11/9/2022).

Rabu (31/8/2022) lalu unsur TNI AL (KRI) Lemadang – 632 sebagai unsur Operasi di Bawah Kendali Operasi (BKO) Gugus Tempur Laut Komando Armada (Guspurla Koarmada) I yang sedang melaksanakan patroli laut di sekitar perairan Selat Riau dan Selat Singapura, bertemu Kapal Perang Royal Australian Navy (RAN), HMAS Maryborough-95. Kapal tersebut sedang berlayar lintas damai di dalam wilayah teritorial Indonesia.

KRI Lemadang – 632 kemudian membuka jalur komunikasi dengan HMAS Maryborough-95 untuk dapat melaksanakan latihan Passex. Berkomunikasi menyambut kedatangan kapal Angkatan Laut negara sahabat dan berkoordinasi untuk melaksanakan sejumlah serial Latihan.

Langkah ini secara universal akan dilakukan bila bertemu sesama kapal perang, pasti akan melaksanakan komunikasi untuk saling menyapa. Sambutan positif diterima KRI Lemadang – 632, HMAS Maryborough-95 merespon ajakan untuk latihan Passex selama pelayaran tersebut hingga kapal perang Australia tersebut meninggalkan perairan territorial Indonesia.