Akademisi Ilmu Pemerintahan Apresiasi Peluncuran Buku Putih Pemerintah

Akademisi Ilmu Pemerintahan Apresiasi Peluncuran Buku Putih
Akademisi Ilmu Pemerintahan Apresiasi Peluncuran Buku Putih (Foto : Ketua Umum MIPI, DR. Drs. Bahtiar M.Si, saat memberikan sambutan - - Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia)

Antv – Peluncuran buku ini berlangsung secara hybrid dari Gedung Aula Zamhir Islamie, Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jakarta, Sabtu (10/9/2022). 

Buku Putih berisi landasan-landasan konstitusional penyelenggaraan pemerintahan Indonesia yang terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian itu terdiri dari uraian tentang Pemerintahan, Pemerintahan Daerah, Politik dan Birokrasi Pemerintahan, Hukum dan Etika Pemerintahan, hingga Kesejahteraan dan Hubungan Luar Negeri. Bagian-bagian tersebut diuraikan secara lugas dengan menjadikan konstitusi UUD 1945 sebagai bingkainya.

Peluncuran buku turut dihadiri oleh berbagai akademisi ilmu pemerintahan dari beragam instansi dan komunitas. 

Selain itu, penyelenggara juga menghadirkan tiga narasumber, yaitu Guru Besar Ilmu Pemerintahan IPDN Muchlis Hamdi, Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro, dan Guru Besar Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (UI) Eko Prasojo. Ketiganya turut menjadi penulis yang menyumbangkan pemikirannya terkait pemerintahan dalam Buku Putih.

Guru Besar Ilmu Pemerintahan IPDN Muchlis Hamdi mengatakan, sesungguhnya pemerintahan merupakan sebuah institusi yang menjadi berkah bagi kehidupan bersama. Pemerintahan adalah instrumen bagi warga negara untuk hidup lebih sejahtera. 

Di samping itu, pemerintahan berjalan bersama dengan zamannya, sehingga berubah dan berkembang. Hal ini ia tekankan dalam tulisannya di dalam Buku Putih yang membahas terkait prinsip-prinsip penyelenggaraan pemerintahan.

“Pemerintahan itu niatnya hanya satu, bagaimanakah menghadirkan sistem keteraturan untuk memastikan bahwa kita bisa bersama-sama menciptakan hidup yang lebih nyaman dari waktu ke waktu,” katanya.