Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Ratu Elizabeth Kirimkan Ucapan Selamat Hari Nasional Korut ke Kim Jong Un
Ratu Elizabeth Kirimkan Ucapan Selamat Hari Nasional Korut ke Kim Jong Un (Foto : )
Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral Skotlandia di usia 96 tahun. Ia telah memerintah selama 70 tahun sebagai monarki.

Antv – Ratu Elizabeth II, monarki terlama di Britania Raya meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, Kamis, 8 September 2022 waktu setempat. Ratu Inggris meninggal di usia 96 dan memerintah selama 70 tahun sebagai monarki.

Sebelum meninggal dunia, kondisi kesehatan sang ratu diketahui memburuk dan dokter kerajaan telah meminta seluruh anggota keluarga kerajaan Inggris berkumpul di Kastil Balmoral.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," demikian pernyataan resmi Istana Buckingham, dikutip dari akun Instagram resmi keluarga kerajaan Inggris, @theroyalfamily, Jumat, 9 September 2022.

Meninggalnya Ratu Elizabeth II otomatis membuat sang putra sulung, Pangeran Charles pun naik takhta menjadi Raja Charles III, dan kepala negara untuk 14 wilayah Persemakmuran. Charles telah buka suara atas berita duka kepergian sang ratu. Ia menyebut kematian ibu tercintanya adalah "momen kesedihan yang luar biasa".

img_title
ratu elizabeth reuters. (Foto : )

"Kami sangat berduka atas meninggalnya Penguasa yang disayangi dan Ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di sekitar. Dunia," kata Raja Charles dalam pernyataan resminya, dikutip dari akun Instagram resminya, @clarencehouse.

Dia mengatakan selama masa berkabung dan perubahan, dia dan keluarganya akan "dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kita tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana Ratu begitu luas dipegang".