Pilot dan Co Pilot Pesawat Bonanza TNI AL Ditemukan Tewas

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat konferensi pers.
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat konferensi pers. (Foto : TNI AL)

Antv –Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menggelar konferensi pers terkait musibah jatuhnya pesawat latih Bonanza milik TNI Angkatan Laut di Mabesal Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).

Kasal menyampaikan duka cita atas musibah yang terjadi dan menjelaskan bahwa pada pukul 10.00 WIB pilot dan co pilot telah ditemukan tewas dan langsung dievakuasi ke RSAL. Sementara untuk pesawat juga telah berhasil diangkat dengan menggunakan KRI Soputan-923.

Selanjutnya akan diinvestigasi untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat.

“TNI Angkatan Laut sementara akan menonaktifkan dulu pesawat latih tipe Bonanza G-36 yang lainnya sambil menunggu hasil investigasi,” ungkap Yudo Margono.

Musibah kecelakaan jatuhnya Pesawat Udara (pesud) jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut tersebut terjadi pada hari Rabu (7/9/2022) sekitar pukul 09.00 WIB di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS). Terletak di Perairan Laut Selat Madura (antara Kab. Bangkalan Madura Dan Gresik).

Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan Latihan Air Defence Exercise (ADEX) SIAGA ARMADA II dengan unsur-unsur KRI di jajaran Koarmada II.

Kronologis kejadian pada hari Rabu (7/9/2022) pukul 08.45 WIB pesawat latih milik TNI AL jenis/type: Bonanza G-36, No. Reg: T-2503 take off dari bandara Juanda dengan rute Sub-(Armada) Loc Area-Sub. Pukul 08.56 WIB pesawat mengalami crash landing di laut di Perairan Laut Selat Madura (antara Bangkalan Madura dan Gresik) pada koordinat 06°59’57”S-112°46’21"E.