Sejumlah Negara Baltik Batasi Akses Masuk Warga Rusia

Penjaga memeriksa truk di titik perlintasan Rusia dengan Lithuania.
Penjaga memeriksa truk di titik perlintasan Rusia dengan Lithuania. (Foto : Reuters)

Antv –Lithuania, Latvia, dan Estonia yang merupakan anggota Uni Eropa telah menyepakati membatasi masuknya warga negara Rusia yang bepergiaan dari Rusia dan Belarus. Pernyataan tersebut disebutkan oleh para Menteri Luar Negeri mereka pada Rabu (7/9/2022).

Ketiga negara Baltik tersebut memperkirakan larangan masuk akan diberlakukan pada pertengahan September 2022. Aturan akan berlaku setelah mendapatkan persetujuan dari pemerintah nasional sebut Menteri Luar Negeri Latvia Edgars Rinkevics.

“Dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, penyeberangan perbatasan yang dilakukan warga Rusia yang memegang visa Schengen telah meningkat secara dramatis. Ini menjadi masalah keamanan publik, ini juga masalah moral dan politik,” ungkap Edgars dalam sebuah konferensi pers di Lithuania.

Negara – negara tersebut juga akan memulangkan semua warga negara Rusia dengan visa Schengen yang memasuki wilayah perbatasan terbuka Uni Eropa. Sebagai pengecualian warga Rusia masih bisa melintas untuk alasan kemanusiaan dan keluarga, pengemudi truk serta diplomat.

Penerbangan langsung antara Rusia dan Uni Eropa telah ditangguhkan setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Penangguhan tersebut menjadikan warga Rusia memiliki sedikit pilihan untuk melakukan perjalanan.

Peraturan ini akan menjadi yang pertama di Uni Eropa. Sebelumnya Estonia juga telah melakukan larangan yang lebih lunak pada 18 Agustus 2022.

Sedangkan negara Finlandia yang berbatasan dengan Rusia tidak bergabung dengan larangan tersebut. Finlandia beralasan tidak ada kepastian hukum mengenai apakah mereka dapat menolak warga negara Rusia dengan visa Schengen yang dikeluarkan oleh negara – negara Eropa lainnya, sebut Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto dalam pengarahan tersebut.