Putin Nilai Rusia Telah Dapatkan Keuntungan Bukan Kalah Soal Ukraina

Putin berpidato di Forum Ekonomi Ketimuran.
Putin berpidato di Forum Ekonomi Ketimuran. (Foto : Reuters)

Antv –Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (7/9/2022) bahwa Rusia tidak kehilangan apa pun dalam konfrontasi global dengan Amerika Serikat atas konflik di Ukraina. Putin menjelaskan telah memperoleh keuntungan dengan menetapkan arah kedaulatan baru yang akan memulihkan pengaruh globalnya.

Putin menyebut konflik di Ukraina yang ia sebut sebagai “Operasi militer Khusus”, sebagai titik balik dalam sejarah ketika Rusia akhirnya melepaskan penghinaan yang menyertai kejatuhan Uni Soviet pada tahun 1991.

Saat Putin berbicara dalam Forum Ekonomi Ketimuran di Kota Vladivostok, Pasifik Rusia Rabu (7/9/2022). Negaranya berupaya untuk lebih condong ke Asia. Putin menyebut Barat gagal sementara Asia adalah masa depan.

Dalam pidato utamanya, Putin hampir tidak menyinggung Ukraina di luar referensi ekspor biji – bijian. Namun ketika ditanya oleh moderator apakah ada yang hilang dari konflik tersebut, Putin mengatakan Rusia telah memperoleh keuntungan dan akan muncul dengan pembaharuan dan akan membersihkan rintangan.

“Kami tidak kehilangan apa pun dan tidak akan kehilangan apa paun,” ucap Putin pemimpin tertinggi Rusia sejak 1999 ini.

“Segala sesuatu yang tidak perlu, berbahaya, dan segala sesuatu yang menghalangi kita untuk maju akan diberantas,” tegas Putin.

“Dalam hal apa yang telah kami peroleh, saya dapat katakan bahwa keuntungan utama adalah penguatan kedaulatan kami, dan ini adalah hasil yang otomotis tak terhindarkan dari apa yang terjadi sekarang,” ungkap Putin.