Gempa di Sichuan China Tewaskan 21 Warga

Pusat gempa di Sichuan China.
Pusat gempa di Sichuan China. (Foto : Reuters)

Antv –Gempa M 6,8 di Provinsi Sichuan China merupakan gempa terkuat yang melanda Kawasan tersebut sejak 2017. Tercatat 21 orang tewas dan gempa juga dirasakan hingga Ibu Kota Provinsi Sichuan yakni Chengdu dan provinsi di sekitarnya.

Menurut pusat jaringan gempa China, pusat gempa berada di Kota Luding, di pegunungan sekitar 226 kilometer barat daya Chengdu. Akibat gempa sejumlah jalan dan rumah di dekat pusat gempa rusak akibat tanah longsor. Saat ini komunikasi terputus di salah satu wilayah terdampak gempa.

Menurut laporan para ahli gempa bumi, gempa biasa terjadi di wilayah barat daya Sichuan. Terutama di pegunungan di bagian barat. Wilayah yang aktif secara tektonik di sepanjang batas timur dataran tinggi Qinghai – Tibet.

China News Service melaporkan di pusat gempa Luding, gempa terasa begitu kuat sehingga sulit bagi beberapa orang untuk tetap berdiri. Retakan akibat gempa juga mucul di sejumlah rumah.

Gempa ini adalah yang terbesar di Sichuan sejak Agustus 2017, ketika salah satu gempa berkekuatan M 7,0 melanda prefektur Aba pada saat itu.

Gempa bumi di Sichuan paling kuat yang pernah tercatat terjadi pada Mei 2008. Saat itu gempa berkekuatan M 8,0 yang berpusat di Wenchuan menewaskan hampir 70.000 orang dan menyebabkan kerusakan parah.

Menurut media pemerintah gempa yang terjadi hari ini, Senin juga dirasakan hingga Provinsi Yunnan, Shaanxi, dan Guizhou yang berjarak ratusan kilometer.