Kasal Sambut Kepulangan KRI SIM 367 Dari Misi UNIFIL di Lebanon

Penyambutan Satgas Maritim TNI XXVIII-M UNIFIL.
Penyambutan Satgas Maritim TNI XXVIII-M UNIFIL. (Foto : TNI AL)

Antv –Satuan Tugas (Satgas) Maritim TNI XXVIII-M UNIFIL di Lebanon selesai menyelesaikan tugasnya. Mereka bertugas menggunakan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) – 367. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono menyambut kepulangan KRI SIM - 367 di Dermaga Madura Tengah, Koarmada II, Ujung Surabaya, Sabtu (3/9/2022).

Dalam penyambutan tersebut, Kasal dan Ketum Jalasenastri menyaksikan prosesi pengalungan bunga oleh putra putri prajurit kepada Komandan KRI SIM-367 sekaligus Komandan Satgas Maritime Task Force (MTF) 28-M Letkol Laut (P) Abdul Haris. Penyambutan itu juga ditandai dengan aksi fly pass dari Bonanza Puspenerbal.

Selanjutnya Kasal menerima laporan Komandan KRI SIM-367 usai melaksanakan tugas sejak keberangkatan dari Dermaga Batu Ampar, Batam Kepulauan Riau pada 5 Maret 2021 lalu. Mereka melaksanakan tugas bersama 119 personel MTF 28-M dengan mengangkut satu unit Helikopter Panther HS-4206.

Laksamana Yudo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada prajurit-prajurit Jalasena Samudera yang telah bertugas melaksanakan Maritime Task Force selama satu setengah tahun di Lebanon.

“Saya ingat pada 5 Maret 2021, saya melepas kalian di Batam, sekarang saya menyambut kalian semuanya dalam keadaan sehat wal’afiat. Suatu kebanggaan menjadi prajurit Jalasena Samudera, dimana peran prajurit di MTF membawa citra baik pada jajaran TNI AL, karena tugas yang kalian emban tanpa cacat selama misi perdamaian dunia di Lebanon, kebanggaan itu ditunjukan pula oleh negara-negara peserta MTF kepada TNI AL,” kata Yudo.

TNI AL harus bangga kini setara dengan Angkatan Laut di negara yang lain, oleh karena itu pengakuan dunia terhadap kekuatan dan kemampuan TNI AL, berkat jasa dan kerja keras prajurit MTF, sehingga bisa membawa harum TNI AL di mata internasional.

“Keberhasilan tugas prajurit MTF, tentu saja juga berkat dukungan keluarga dengan membawa suasana yang nyaman, sehingga mendorong prajurit untuk melaksanakan tugas dengan baik”, tutup Laksamana Yudo.