Otoritas Hamas Eksekusi 5 Warga palestina di Gaza

Pemandangan kota Gaza.
Pemandangan kota Gaza. (Foto : Reuters)

Antv –Hamas yang berkuasa di Gaza mengeksekusi mati 5 warga Plestina pada Minggu (5/9/2022). Dua diantaranya atas tuduhan mata – mata untuk pihak Israel yang dilakukan pada tahun 2015 dan 2009.

Eksekusi mati dilakukan pada waktu subuh dengan cara digantung atau ditembak. Eksekusi ini adalah yang pertama dilakukan di wilayah Palestina sejak tahun 2017. Kasus hukuman mati yang dilakukan di Gaza telah menuai kritik dari kelompok hak asasi manusia.

Menurut keterangan otoritas pejabat setempat, tiga orang dihukum karena pembunuhan dan dua lainnya karena aktivitas perbuatan mata -mata untuk pihak Israel, berusia 44 dan 54 tahun. Karena perbuatan mata – mata tersebut menyebabkan pembunuhan warga Palestina.

“Eksekusi dilakukan setelah selesainya semua prosedur hukum. Putusan sudah final, dengan pelaksanaan kewajiban sudah ditunaikan. Para terpidana juga sudah diberikan hak penuh untuk membela diri,” ungkap otoritas pejabat setempat.

Sementara itu kelompok hak asasi manusia Palestina dan Internasional telah mengutuk hukuman mati dan mendesak Hamas dan otoritas Palestina yang berkuasa di tepi barat untuk mengakhiri praktik tersebut.

Sejak Hamas menguasai Gaza, pengadilannya telah menjatuhkan hukuman mati kepada sekitar 180 warga Palestina. Mereka sejauh ini telah mengeksekusi mati 33 orang, menurut data dari pihak Pusat Hak Asasi Manusia Palestina (PCHR).

Sumber: Reuters