Pemakaman Mantan Pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev Pada Sabtu

Foto Mikhail Gorbachev di kantor Yayasan Gorbachev.
Foto Mikhail Gorbachev di kantor Yayasan Gorbachev. (Foto : Reuters)

Antv –Mengutip Putri Gorbachev dan juru bicara yayasannya melalui kantor berita Rusia, Pemakaman pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev yang meninggal pada Selasa (30/8/2022) dalam usia 91 tahun akan dilaksanakan pada hari Sabtu.

Mereka juga menyebut upacara pemakaman akan diadakan di Hall of Columns yang ada di House of Unions Moskow tempat lokasi yang sama saat jasad Stalin dilakukan upacara pemakaman setelah kematiannya pada tahun 1953.

Warga diperkenankan untuk menyampaikan duka cita dalam kurun waktu tersebut.

Selanjutnya Gorbachev akan dimakamkan di Novodevichy Moskow. Seperti dilaporkan kantor berita TASS mengutip Sekretaris Yayasan Gorbachev Vladimir Polyakov.

Sedangkan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Kremlin masih belum memutuskan apakah Gorbachev akan diberi pemakaman kenegaraan. Keputusan upacara kenegaran masih dibicarakan.

Banyak politisi, intelektual, penyair dan bangsawan tingkat elit yang telah dimakamkan di pemakaman Novodevichy sejak pemakaman itu didirikan pada abad ke 16. Mereka yang telah dimakamkan di sini diantaranya Boris Yeltsin yang merupakan presiden pertama Rusia dan istri Gorbachev yakni Raisa yang meninggal tahun 1999. Selain itu juga tercatat pemimpin Soviet lainnya Nikita Khrushchev yang juga dimakamkan di sini.

Saat Boris Yeltsin meninggal pada tahun 2007, Boris dimakamkan dengan penghormatan penuh kenagaraan. Bahkan Presiden Vladimir Putin mengumumkan hari berkabung nasional.