Tingkatkan Kemampuan Puslatpurmar-5 TNI AL Laksanakan Renang Laut

Prajurit Puslatpurmar – 5 TNI AL Baluran melaksanakan renang laut.
Prajurit Puslatpurmar – 5 TNI AL Baluran melaksanakan renang laut. (Foto : TNI AL)

Antv –Prajurit Pusat Latihan Tempur Marinir 5 atau Puslatpurmar Situbondo, Jawa Timur melaksanakan Latihan renang laut di pantai Banongan Desa Banongan, Sumberwringin, Asembagus Situbondo, Jawa Timur, Senin (29/08/2022).

Latihan ini menindaklanjuti perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang membangun Sumber Daya Manusia unggul tangguh dan profesional serta tangguh dalam menghadapi ancaman.

Latihan renang tersebut dilaksanakan dalam rangka Latihan Perorangan Dasar (LPD) Tri Wulan (TW) III Tahun 2022 yang diawali dengan pengecekan personel, pengecekan tensi serta pembagian gelombang. Dilanjutkan dengan senam pemanasan GC khas prajurit Korps Marinir dengan tujuan untuk mengurangi resiko cedera atau kram otot pada saat pelaksanaan renang laut yang sejauh 500 meter.

Sebelum renang, Letda Marinir Kiki Rezki Eka P selaku tertua pelaksana renang menyampaikan, agar melaksanakan pemanasan dengan sungguh-sungguh supaya tidak terjadi kram saat berenang. Ikuti instruksi pelatih dan jangan meremehkan problem renang laut karena laut bukan habitat kita yang sesungguhnya yang mana akan berakibat fatal apabila kita ceroboh.

Komandan Puslatpurmar-5 Baluran Letkol Marinir Agus Wahyudi menyampaikan bahwa kegiatan Renang tersebut bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan, kekuatan fisik dan stamina Prajurit, sehingga setiap Prajurit memiliki mental dan kemampuan fisik yang lebih prima dan mampu melaksanakan setiap tugas yang yang diberikan.

Selain itu juga untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan perorangan dasar, dalam tugas pokok sebagai pasukan pendarat amfibi.

Puslatpurmar-5 Baluran adalah satuan pelaksana dibawah kendali Komando Latih Marinir. Puslatpurmar-5 sebagai satuan pokok pelaksana mempunyai tugas pokok yaitu melaksanakan latihan beraspek operasi Amfibi, Operasi Khusus, mendukung terlaksananya Pendidikan Komando (Dikko), serta menguji satuan - satuan tempur yang berada di jajaran Korps Marinir.