Sejarah TNI Angkatan Laut di Indonesia hingga Lahir Bintang Samudera

TNI Angkatan Laut
TNI Angkatan Laut (Foto : Instagram @tni_angkatan_laut)

Antv – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut adalah salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di laut. 

Berikut ini, ANTVklik sajikan sejarah singkat serta perkembangan dari TNI AL itu sendiri di Indonesia yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Senin 29 Agustus 2022.

Sejarah Angkatan Laut

img_title
TNI Angkatan Laut. (Foto : Instagram @tni_angkatan_laut)

Jika kita menilik ke belakang pada saat Indonesia baru merdeka, berdirinya Angkatan Laut tidak terlepas dari dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 22 Agustus 1945 silam.

BKR sendiri adalah angkatan bersenjata pertama yang dibentuk setelah Indonesia merdeka yang mana tujuan pembentukannya adalah untuk melakukan tugas pemeliharaan keamanan bersama-sama dengan rakyat dan jawatan-jawatan negara.

BKR ini kemudian bercabang menjadi beberapa divisi, yakni antara lain Divisi Darat, Laut, dan Udara. Adapun secara resminya, BKR Laut atau yang sekarang dikenal dengan istilah Angkatan Laut itu sendiri baru mulai diresmikan pada tanggal 10 September 1945 oleh administrasi kabinet awal Ir. Soekarno.