Catatan Ilham Bintang: Kasihan Kapolri Dipuja Puji Anggota Komisi III

Kapolri saat RDP dengan Anggota Komisi III DPR RI
Kapolri saat RDP dengan Anggota Komisi III DPR RI (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Kasihan Kapolri. Wajah Jenderal Listyo Sigit Prabowo kelihatan tirus dan pucat. Matanya tampak lelah seperti kurang tidur ketika menghadiri Rapat Dengar Pendapat ( RDP) dengan Komisi III DPR-RI, di Senayan, Rabu (24/8). 

Rapat itu berlangsung sekitar 10 jam. Dari pagi hingga lepas waktu Isya. Dan, puja puji hampir seluruh anggota Komisi III tentu tidak bisa menghiburnya. 

Saya khawatir malah semakin membebaninya. Seakan pujian itu "pesanan dia"seperti ramai disinyalir netizen di media sosial.

Hari itu sudah lebih 40 hari kasus "Polisi Tembak Polisi" menjadi sorotan publik. Kasus itu menyeret Irjen Pol Ferdy Sambo dan istri, Putri Candrawathi sebagai tersangka pembunuhan berencana Brigadir Yoshua, 8 Juli lalu. 

Tempat kejadian perkara itu pun di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri tersebut. Yang semula mau disesatkan seolah kejadian biasa. Dengan skenario tembak menembak antar ajudan lantaran salah satunya melecehkan Putri Candrawathi. 

Seluruhnya 97 perwira Polri terperiksa. Perwira pertama, menengah, dan tinggi, bintang satu dan dua. Mungkin itu peristiwa kolosal pertama dalam sejarah Polri: dalam hal jumlah yang terlibat maupun bobot.

Yang tersangka dengan ancaman hukuman mati lima orang. Termasuk Sambo dan Putri. Tiga lainnya, dua ajudan dan satu supir merangkap pembantu rumah tangga. Sambo sendiri sudah ditahan sejak 9 Agustus lalu, dan 25 Agustus kemarin hasil sidang Kode Etik Polri telah memberhentikan  dengan tidak hormat ayah empat anak itu.