Transisi Energi di Indonesia, Dua Sumber Energi Ini Dapat Jadi Pilihan Menjanjikan

anjungan-tambang-minyak-di-tengah-laut
anjungan-tambang-minyak-di-tengah-laut (Foto : )
Indonesia sudah berkomitmen transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan yang ramah lingkungan. Selama masa transisi, ada dua sumber energi jadi pilihan menjanjikan. 
Dalam pemaparan Energy Outlook, Sekjen Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas (Aspermigas) Moshe Rizal menyebut, saat ini masih dalam kondisi krisis akibat pandemi Covid-19.Kondisi demikian yang membuat para pebisnis berhati-hati dalam menyusun portofolionya karena belum dapat memprediksi kapan pandemi akan berakhir.Menurutnya, dari sektor energi, terjadi penurunan permintaan energi global sebesar 4,5 persen. Ini terjadi karena ada pembatasan perjalanan, penutupan wilayah dan sebagainya.Kabar baiknya, pandemi ternyata berhasil mengurangi emisi karbon global hingga 6,3 persen. Ini merupakan penurunan yang terbesar sejak Perang Dunia Kedua."Dari lihat trennya memang ada pengurangan konsumsi energi karena insiiatif-insiatif mengurangi karbon emisi dan untuk efisiensi," kata Moshe dalam pelatihan media yang digelar Aspermigas, Minggu (26/9/2021).Pandemi ini juga mendorong negara-negara berinisiatif berkomitmen mengurangi emsi karbon.Perusahaan-perusahaan migas terutama dari Eropa, kata Moshe, juga sudah menyatakan untuk melakukan transisi energi, dengan tidak hanya fokus ke bisnis migas saja tapi juga sudah mulai ke energi terbarukan.Memang sejauh ini batubara saat ini masih merupakan sumber energi termurah yang banyak dipakai di dunia. Ini terutama di negara-negara kawasan Asia Pasifik dengan China sebagai pemakai terbesarnya.Namun sudah banyak negara berkomitmen beralih dari batubara untuk menggunakan energi lain.Indonesia sendiri juga masih tergantung dari batubara. Sekira 30 persen konsumsi energi berasal dari batubara.[caption id="attachment_495971" align="alignnone" width="900"]
Sekjen Aspermigas Moshe Rizal (Foto: tangkap layar Zoom)[/caption]

Energi Gas

Menurut Moshe, ada dua sumber energi yang dapat dijadikan pilihan menjanjikan dalam masa transisi menuju energi terbarukan di Indonesia. Pertama adalah sumber energi dari gas alam."Di Indonesia banyak sekali penemuan gas. Ini dapat jadi energi transisi menuju renewable energy,"