WHO Sebut Wabah Corona di India Memasuki Fase Endemi

WHO Sebut Wabah Corona di India Memasuki Fase Endemi
WHO Sebut Wabah Corona di India Memasuki Fase Endemi (Foto : )
Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),  baru-baru ini menyebut bahwa wabah corona di India mungkin memasuki fase endemi.
Kepala Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Soumya Swaminathan, baru-baru ini menyebut bahwa wabah corona di India mungkin memasuki fase endemi. Hal ini karena tingkat penularan virus corona di negara itu sudah cenderung rendah atau sedang."Kita mungkin akan memasuki tahap endemisitas, di mana ada transmisi tingkat rendah atau tingkat sedang terjadi. Namun, kita tidak melihat jenis pertumbuhan eksponensial dan puncak yang kita lihat beberapa bulan lalu," ucap Swaminathan, dikutip dari
NDTV ."Sejauh ini menyangkut India, tampaknya itulah yang terjadi karena ukuran wilayah India dan heterogenitas populasi serta status kekebalan di berbagai negara bagian," jelasnyaTahap endemi Covid-19 merupakan suatu kondisi ketika kasus penularan masih terjadi, namun hanya di beberapa wilayah tertentu saja.Apabila dilihat dari perkembangan kasusnya, penambahan kasus harian di negara berpenduduk 1,3 miliar itu, cenderung stabil. Per tanggal 1 Agustus 2021 hingga saat ini, kasus baru corona di India berkisar di antara 25.000-45.000 kasus per hari.India saat ini tengah fokus untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak mungkin warganya untuk mengekang penyebaran virus corona. Menurut Kepala All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), Randeep, kemungkinan gelombang ketiga Covid-19 di negaranya tidak akan parah jika sebagian besar warganya telah divaksinasi.Berdasarkan perhitungan Our World in Data per 25 Agustus 2021, sebanyak 328 juta warga India telah mendapat dosis pertama vaksin Covid-19. Sementara 134 juta lainnya telah divaksinasi secara penuh.