Studi: Jambu Biji Membantu Penyembuhan Penyakit Demam Berdarah

Studi: Jambu Biji Membantu Penyembuhan Penyakit Demam Berdarah
Studi: Jambu Biji Membantu Penyembuhan Penyakit Demam Berdarah (Foto : )
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jambu biji terutama bagian daunnya, dapat membantu penyembuhan penyakit demam berdarah.
Jambu biji terutama bagian daunnya, banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah, dalam membantu penyembuhan penyakit demam berdarah.
  Daun jambu biji bersifat antibiotik, dan juga mengandung tanin, triterpenoid, minyak atsiri, minyak lemak, dan minyak malat. Hasil penelitian yang dikutip dari berbagai sumber menunjukkan bahwa daun jambu biji terbukti dapat menghambat aktivitas enzim reverse transcriptase dari virus dengue, penyebab demam berdarah.   Adapun virus dengue yang disebarkan melalui vektor nyamuk genus Aedes aegypti ini dapat menyebabkan kadar trombosit di dalam tubuh menurun. Tanin menghambat enzim reverse transcriptase maupun DNA polymerase dari virus sekaligus menghambat pertumbuhan virus yang berinti DNA maupun RNA.Hasil uji klinis menunjukkan, pemberian ekstrak daun jambu biji kering selama lima hari, setiap 4-6 jam, mampu mempercepat pencapaian jumlah trombosit >100.000/µl setelah 12-14 jam tanpa menimbulkan efek samping yang signifikan.Daun jambu biji mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat mengatasi demam berdarah. Kelompok senyawa tanin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quersetin dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat enzim reverse transcriptase sehingga mampu menghambat pertumbuhan virus dengue.