WHO Bentuk Tim Khusus "SAGO" untuk Mencegah Pandemi Berikutnya

WHO Bentuk Tim Khusus “SAGO” untuk Mencegah Pandemi Berikutnya
WHO Bentuk Tim Khusus “SAGO” untuk Mencegah Pandemi Berikutnya (Foto : )
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membentuk tim khusus bernama SAGO yang terdiri dari 25 pakar multi-disiplin untuk memberi nasihat tentang langkah-langkah yang diperlukan dalam mencegah pandemi berikutnya. 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membentuk tim khusus yang terdiri dari 25 pakar multi-disiplin untuk memberi nasihat tentang langkah-langkah yang diperlukan dalam mencegah pandemi berikutnya.
  Seperti diketahui, para ilmuwan sudah mengimbau adanya potensi pandemi di masa depan yang bersifat zoonosis, yakni penyakit yang ditularkan dari hewan meloncat ke manusia seperti Covid-19. Inilah yang mendasari WHO untuk membentuk tim peneliti yang bisa memberikan solusi dari permasalahan ini.Dilansir AFP , Jumat (20/8/2021), WHO meluncurkan seruan untuk pencalonan para ahli di berbagai bidang, termasuk virologi, kedokteran hewan, hingga ahli keselamatan dan keamanan laboratorium. Tim baru ini dinamai International Scientific Advisory Group for Origins of Novel Pathogens (SAGO) atau Penasihat Ilmiah Internasional untuk Origins of Novel Pathogens.Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan pembentukan kelompok itu bulan lalu. Dia menekankan bahwa tim SAGO nantinya akan memainkan peran penting dalam penyelidikan tentang bagaimana virus corona pertama kali melompat ke manusia.