Menangis Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini Penjelasannya!

Menangis Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini Penjelasannya!
Menangis Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini Penjelasannya! (Foto : )
Sebuah studi yang dikutip dari Science Times, menyebutkan bahwa tangisan emosional dapat membantu seseorang dalam menurunkan berat badan.
Banyak orang menahan tangis karena anggapan lemah dan cengeng. Padahal, menangis bagi pria maupun wanita adalah hal yang wajar. Menangis merupakan respons alami untuk meluapkan emosi dari rasa sakit hingga stres, dari kesedihan hingga kebahagiaan.Ternyata, menangis tidak sekadar memberikan kelegaan emosi, tapi juga bisa menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dikutip dari
Science Times , menyebutkan bahwa tangisan emosional dapat membantu seseorang dalam menurunkan berat badan.Menangis akan meningkatkan kadar kortisol, yaitu hormon yang berhubungan dengan kewaspadaan tubuh. Ketika tingkat kortisol tinggi, tubuh merasa lebih baik dan memberikan energi untuk melakukan sesuatu yang produktif.Ahli biokimia, William Frey, menemukan bahwa air mata yang disebabkan karena faktor stres akan menghilangkan berbagai zat beracun dari tubuh dan melepaskan hormon stres yang selama ini menumpuk. Proses ini sama seperti menghembuskan nafas, buang air kecil, dan berkeringat.Penelitian lain menyebutkan bahwa alasan menangis dapat menurunkan berat badan akibat kesedihan dan depresi, berkaitan dengan hilangnya nafsu makan. Selain itu, menangis dapat membakar kalori. Jumlah kalori yang terbakar yaitu 1,3 kalori per menit, artinya menangis 20 menit dapat membakar sebanyak 26 kalori di tubuh.