Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Ubi Jalar

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Ubi Jalar
Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Ubi Jalar (Foto : )
Hasil studi mengungkapkan bahwa konsumsi ubi jalar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena pangan murah ini kaya akan antioksidan dan vitamin.
Ubi jalar merupakan salah satu jenis pangan yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, pangan murah ini, juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Ubi jalar sarat akan vitamin dan antioksidan yang menjadikannya bagus untuk diet apapun.Menurut ahli seperti dikutip dari
Insider , salah satu khasiat ubi jalar adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vijaya Surampudi, MD, Asisten Profesor Kedokteran di Divisi Nutrisi Manusia, UCLA, mengatakan bahwa antioksidan dalam ubi jalar dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas.Radikal bebas diproduksi sebagai hasil siklus sel normal yang merupakan produk sampingan. Radikal bebas juga dapat disebabkan oleh polutan lingkungan atau radiasi UV. Radikal bebas dapat merusak DNA sel sehat, termasuk sistem kekebalan yang diperlukan untuk melawan infeksi. Antioksidan dapat melawan kerusakan ini dan menjaga sistem kekebalan tetap kuat.Selain itu, adanya vitamin A pada ubi jalar membantu mendukung sistem imunitas tubuh. Sebuah laporan tahun 2008 menyatakan bahwa vitamin A adalah salah satu nutrisi terpenting untuk penunjang kekebalan. Secara khusus, penelitian tersebut mengatakan vitamin A dapat membantu mendukung sel-T, sejenis sel darah putih yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh.Ubi jalar sangat bagus untuk kesehatan Anda, tetapi agar menjadi sehat, penting untuk memiliki makanan yang bervariasi dan seimbang. Ahli menyarankan untuk menambahkan lebih banyak variasi ke dalam makanan Anda untuk memastikan Anda mendapat beragam vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.