Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Jantung Bawaan

Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Jantung Bawaan
Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Jantung Bawaan (Foto : )
Ada beberapa penyakit jantung bawaan yang telah ada sejak lahir, yaitu kelainan katup jantung, cacat pada dinding jantung, dan kelainan pembuluh darah.
Penyakit jantung bawaan adalah kelainan jantung yang telah ada sejak lahir. Hal ini bisa memengaruhi dinding jantung, katup jantung, dan pembuluh darah. Penyakit ini bisa mengubah cara darah mengalir melalui jantung.Beberapa kelainan jantung bawaan tidak menimbulkan tanda atau gejala. Bagi sebagian orang, tanda atau gejala biasanya muncul di kemudian hari. Gejalanya juga bisa kembali bertahun-tahun setelah Anda menjalani pengobatan untuk cacat jantung.Gejala penyakit jantung bawaan pada orang dewasa meliputi; irama jantung yang tidak normal (aritmia), warna kebiruan pada kulit, bibir dan kuku (siasnosis), sesak nafas, dan cepat lelah saat beraktivitas.Beberapa kelainan jantung bawaan mungkin tidak menyebabkan masalah apa pun. Namun, kelainan jantung yang kompleks bisa memicu komplikasi yang mengancam jiwa. Ada banyak kelainan jantung bawaan. Mulai dari kondisi yang sederhana tanpa bergejala, hingga masalah kompleks dengan gejala parah yang mengancam jiwa.Berikut tiga jenis penyakit jantung bawaan:
Kelainan katup jantung Katup di dalam jantung yang mengarahkan aliran darah dapat menutup atau bocor. Hal ini mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah dengan benar. Cacat pada dinding jantung Dinding alami yang ada di antara sisi kiri dan kanan serta bilik jantung atas dan bawah mungkin tidak berkembang dengan benar. Akibatnya, aliran darah kembali ke jantung atau menumpuk di tempat yang tidak seharusnya. Hal ini bisa menyebabkan tekanan pada jantung yang memicu tekanan darah tinggi Kelainan pembuluh darah